Tragis, nasib Yati Surachman setelah pindah agama ditinggal selingkuh dan cerai dengan suami, alasannya..

Hops.ID – Cerita pindah agama dari seorang Yati Surachman viral. Bahkan, banyak orang yang penasaran bukan hanya proses sebelum dirinya berpindah keyakinan, tapi juga kisah hidupnya setelah itu.

Setelah berpindah agama, akhirnya Yati menikah dengan lelaki yang seiman dengannya. “Lalu akhirnya kita diberkati (pemberkatan penikahan) di rumah. Kebetulan saya sudah punya rumah di daerah Bekasi (Jawa Barat) sana, lalu diberkatilah,” kata Yati Surachman dilansir Hops.ID dari YouTube The Miracle of Life padaSelasa, 22 Februari 2022.

Pernikahan mereka sempat berjalan normal selama 8 tahun. Namun, akhirnya suaminya melakukan kesalahan yang sama, seperti yang pernah dilakukannya saat sebelum menikah, yakni selingkuh dengan wanita lain.

Diselingkuhi suami setelah menikah 8 tahun

”Berjalanlah perkawinan setelah 8 tahun. Suami saya melakukan hal yang sama itu (selingkuh) gitu,” kenangnya.

“Mungkin karena umur ya masih belum 40 lah, masih tiga puluhan atau dua puluhan. Saya bilang, ‘Kok kamu kayak gini lagi? Kita sama-sama sibuk, kamu di musik aku di film (tapi aku tidak selingkuh),’ bla, bla, bla,” terangnyaAkhirnya dia ngomong, ‘Aku enggak kuat, keluargamu itu menekan saya terus, karena kamu tidak berani mengaku bahwa kamu sudah Kristen dari kecil. Mereka tahunya kamu Kristen karena saya,’ kata dia,” ujar Yati.




Yati Surachman (Instagr

Mendapat pelajaran hidu

Menurut Yati kejadian tersebut akhirnya menjadi pelajaran penting buat dirinya. “Inilah yang akhirnya menjadi pelajaran dalam kehidupan saya selanjutnya. Bahwa hati-hati dengan mulut orang beriman,” jelasnya.

Kemudian, akhirnya mereka memutuskan berpisah walau belum bercerai secara resmi. “Saat itu saya ngomong ‘Kamu ninggalin aku, aku tidak akan meninggalkan Yesus,’ dan akhirnya terjadi, setelah kita perkawinan 8 tahun dia meninggalkan aku,” terangnya.


Yati pun mengaku sempat kembali goyah secara keyakinan. Namun, beberapa saat kemudian dia kembali menemukan keyakinan dari dalam dirinya.




”Goyah lagi saya itu. Terus saya kembali ke hati ya kalau dia pergi saya tenang gitu, ‘Oh enggak bisa memang Aku (berarti) enggak boleh meninggalkan Yesus, justru Yesus yang memberikan kekuatan buat aku’,” tuturnya.


Kemudian dia pun menjalani kehidupan sendiri walaupun belum berstatus janda. “Nah dari sanalah akhirnya perjalanan saya punya status dibilang istri tapi dia (suami) entah dimana tapi dibilang janda belum selesai suratnya,” ungkapnya.


Memutuskan bercerai karena beda keyakinan

Kemudian, kakak dari suami yang saat itu telah meninggalkannya mendatanginya. “Lalu kakaknya sekarang sudah almarhum (bilang) ‘Kamu harus minta status, adikku sudah masuk Islam karena dia sudah kawin, cerai, kawin, cerai,” imbuhnya.

Kemudian Yati akhirnya memutuskan untuk berkonsultasi dengan pendetanya. “Jadi aku konsul lagi sama pendetaku. Jadi statusku perceraianku karena sudah beda iman dan setelah itu kita masing-masing ,” terangnya.   

Seperti diberitakan sebelumnya, Artis senior Yati Surachman memutuskan untuk pindah agama dari Islam ke Kristen saat usianya masih berusia 12 tahun.


Namun, keputusan Yati Surachman pindah agama saat itu tak diketahui keluarga hingga ia sudah terjun ke dunia hiburan Tanah Air.


Yati Surachman pindah agama (Tangkapan layar YouTube.com/The Miracle of Life)

Yati pindah ke agama Kristen karena pohon natal

Lahir dari keluarga Islam, Yati Surachman merasakan ketenangan saat melihat pohon Natal sejak usia 12 tahun.


"Keluarga saya dari lahir kalau istilahnya saya dari Hari Jumat. Lalu umur 12 tahun, saya sangat sederhana hanya melihat pohon Natal," kata Yati Surachman dilansir Hops.ID dari YouTube The Miracle of Life pada Sabtu, 19 Februari 2022. Yati pertama kali melihat pohon Natal itu di rumah tetangganya yang beragama Kristen.



"Saya merasa pohon natal itu indah, kebetulan di daerah rumah orang tua ada orang Nasrani jadi saya sering main ke sana saat natal ternyata waktu itu," tuturnya.


Kepada tetangga yang beragama Kristen, Yati Surachman mengungkapkan ketenangan hatinya ketika melihat pohon Natal.

"Sering saya mengobrol dengan tante yang menganut agama Kristen itu saya sering sharing. Tapi ketika saya melihat pohon natal, saya enggak jadi mau bicara atau share masalah saya," tuturnya. "Terus tante tanya 'kenapa', (Yati) 'enggak, ini kok indah bener pohon natalnya, kok rasanya tenang hatiku' sangat sederhana," sambung dia.


Hingga akhirnya Yati Surachman memberanikan diri ikut ke gereja bersama tetangganya yang beragama Kristen.

"Lalu saya mencari tahu, suatu saat 'tante saya boleh ikut ke gereja enggak?', (tante) 'waduh jangan deh Yat, keluarga kamu tuh kenceng lho, mereka keturunannya'," timpalnya.


"(Yati) 'ya nanti aku bilang, aku main sepeda lah sama anak tante, enggak boleh pakai celana pendek kan, aku bawa rok'," lanjut dia.




Memutuskan untuk dibaptis

Setelah belajar ajaran agama Kristen, Yati Surachman memutuskan untuk dibaptis dan pindah agama di usianya yang masih belasan tahun.



Namun saat itu, Yati Surachman belum berani mengakui kepada keluarga kalau dirinya sudah meninggalkan Islam.


Belum berani mengaku pindah agama

"Dari sana aku belajar, belajar, setelah itu saya minta baptis. Saya memang belum berani mengakui waktu itu sampai sekolah selesai, sampai sudah di film saya masih belum mengakui kalau saya sudah ikut Yesus," katanya Meski sudah memeluk agama Kristen, Yati Surachman tetap menunaikan ibadah salat karena belum berani mengakui keputusan pindah agamanya kepada keluarga.


Seiring berjalannya waktu, keluarga akhirnya mengetahui keputusan Yati Surachman pindah agama dari Islam ke Kristen.

"Selama saya belum berani menyatakan bahwa saya Kristen, saya melakukan sembahyang tapi cuman gerak (orang tua) 'kamu nih kalau salat cepat benar', 'ya cuman gerak'," pungkas Yati Surachman.***

Posting Komentar untuk "Tragis, nasib Yati Surachman setelah pindah agama ditinggal selingkuh dan cerai dengan suami, alasannya.."